Minggu, 02 April 2017

Bahasa Indonesia

Ilmu Kaidah Hukum

        Ilmu tentang kaidah (normwissenschatf tatau sollenwissenschaft) merupakan ilmu yang mengkaji hukum sebagai kaidah (norma) atau sistem kaidah dengan dogmatik hukum dan sistimatik hukum. Kaidah berasal dari Bahasa Arab yang berarti tata. Tata yang bertujuan untuk memberi petunjuk bertingkah laku kepada masyarakat sehingga kepentingan masing-masing dapat terpelihara dan terjamin. Contoh penerapan kaidah adalah orang yang mencuri barang milik orang lain harus dihukum dan orang muda harus menghormati orang yang lebih tua.
Dalam pergaulan hidup,norma kaidah dibedakan menjadi empat  yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma hukum. Norma agama adalah peraturan hidup yang  diterima sebagai perintah, larangan, dan anjuran yang berasal dari Tuhan. Norma kesusilaan adalah suatu norma yang  menetapkan baik buruknya suatu perbuatan manusia. Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang timbul dari pergaulan segolongan manusia. Norma hukum adalah peraturan-peraturan yang dibuat oleh penguasa negara.
Berbeda dengan nora agama dan norma kesusilaan yang bersifat universal,norma kesopanan bersifat khusus dan hanyta berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu saja. Sedangkan norma hukum bersifat memaksa dan memiliki sanksi berupa ancaman hukuman dimana untuk memberi suatu tekanan agar norma hukum tersebut dihormati dan ditaati.
Ilmu tentang kaidah (normwissenschatf tatau sollenwissenschaft) merupakan ilmu yang mengkaji hukum sebagai kaidah (norma) atau sistem kaidah dengan dogmatik hukum dan sistimatik hukum. Kaidah diperlukan untuk memberi petunjuk bertingkah laku kepada masyarakat. Keempat kaidah tersebut harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat,karena dapat membuat kehidupan bermasyarakat menjadi terjamin dan terpelihara.

2.    Teknik pengembangan paragraf :
 Analogi Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap orang. Menjadi sukses itu belajar syaratnya. Belajar itu dimulai sejak kecil hingga dewasa. Belajar di waktu kecil bagaikan melukis diatas batu,belajar sesudah dewasa bagaikan mengukir di atas air. Apabila kita belajar saat kecil,ilmu akan mudah diterima oleh otak sedangkan bila kita memulai belajar saat dewasa ilmu akan sukar diterima.

Alasan Cantik

            Mempunyai tubuh yang langsing adalah idaman setiap wanita. Maya adalah seorang gadis yang bertubuh gendut. Bentuk tubuh seperti ini membuat Maya kehilangan kepercayaan diri. Banyak hal yang dilakukannya agar terlihat langsing,diantaranya diet,olahraga dan mengkonsumsi obat herbal. Maya mengambil alternatif terakhir,yaitu sedot lemak. Usaha yang dilakukan Maya berhasil,akan tetapi timbul penyakit mag kronis yang berakibat fatal pada kehidupannya.  Cantik itu tidak harus dilihat dari bentuk tubuh,tetapi cantik sebenarnya dilihat dari dalam diri.

Klasifikasi Warna

            Kehidupan seseorang identik dengan warna yang disukainya. Untuk itulah,bagi seorang wanita dalam memilih pasangan hidunpya hendaklah mengerti warna-warni kehidupan yang disukai laki-laki. Ada lima sifat warna yang bila kita mengetahuinya kita dapat mengetahui sifat orang tersebut. Yang pertama adalah warna merah,laki-laki yang menyukai warna merah orangnya condong emosional dan tidak sabar,tetapi pemberani. Kuning melambangkan laki-laki yang pencemburu,namun setia. Biru melambangkan laki-laki yang romantis. Laki-laki yang menyukai warna hijau  adalah sosok yang tenang dan penyabar. Dan yang terakhir adalah warna hitam,laki-laki ini cuek dan bersifat introvert.

Perbandingan Hidup dan  Mati
Hidup dan mati adalah suratan takdir yang ditetapkan oleh Tuhan.Setiap insan yang hidup pasti akan mati. Jika kita sungguh-sungguh hidup,mengapa takut mati? Hidup adalah fase awal kehidupan,sedangkan  mati hanyalah gerbang untuk masuk ke fase kehidupan kedua. Hidup itu sementara,mati itu kekal.

Sebab Akibat Jokowi
            Nama Jokowi tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia. Sosok lelaki bertubuh kurus serta memiliki cara berbicara yang unik ini adalah orang nomor satu di negeri ini. Jokowi,sempat menjabat sebagai wali kota Solo. Selama menjabat sebagai wali kota Solo,Jokowi telah memberikan banyak dukungan terhadap penduduk Solo. Nama Jokowi melejit saat ia mempromosikan mobil Esemka. Berkat kualitas jokowi dalam membangun kota Solo,akhirnya karir Jokowi meningkat mulai dari menjadi Gubernur Jakarta hingga akhirnya sekarang beliau menjadi Presiden Republik Indonesia.

3.Karangan dan jejaring ide “Kesulitan Belajar Matematika”
Kesulitan Belajar Matematika

Setiap siswa pada prinsipnya tentu berhak memperoleh peluang untuk mencapai prestasi yang memuaskan. Namun kenyataannya setiap individu  memiliki perbedaan dalam kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan dan pendekatan belajar,hal ini menyebabkan timbulnya kesulitan belajar. Apa itu kesulitan belajar? Menurut Ambo Enre Abdullah (Fitri,2005 :7) kesulitan adalah suatu kondisi tertentu yang ditandai adanya hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan, sehingga memerlukan usaha yang lebih keras untuk mengatakannya. Sedangkan definisi belajar menurut Moh.Uzer dan Liliss Setiawati adalah perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungan sehingga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Jadi,kesulitan belajar adalah suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar.
Kesulitan belajar atau Learning disability memiliki banyak jenis,yaitu kesulitan praakademik dan kesulitan akademik.  Kesulitan belajar praakademik ini terdiri atas dispraksia,kesulitan belajar kognitif dan gangguan perkembangan bahasa. Dispraksia atau sering disebut clumsy adalah keadaan sebagai akibat adanya gangguan dalam inteligensi auditori-motor. Anak tidak mampu menggerakkan anggota tubuh dengan benar walaupun tidak ada kelumpuhan anggota tubuh. Misalnya anak kesulitan dalam menggunting,mengikuti irama musik dan menggambar. Kesulitan belajar kognitif merupakan kesulitan dalam fungsi mental yang mencakup persepsi, pikiran, simbolisasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Perwujudan fungsi kognitif dapat dilihat dari kemampuan anak menggunakan bahasa dan menyelesaikan soal-soal berhitung. Gangguan perkembangan bahasa atau disfasia adalah ketidakmampuan anak menggunakan simbol linguistik dalam berkomunikasi secara verbal. Misalnya, anak dapat mendengar kata- kata yang diucapakan, tetapi tidak mengerti apa yang didengar karena mengalami gangguan dalam peroses stimulus yang masuk. Sedangkan kesulitan belajar akademik  terdiri atas,kesulitan belajar membaca,kesulitan belajar menulis dan kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar membaca sering disebut disleksia,kesulitan ini dtandai dengan anak tidak dapat membedakan kata kakak,kapak dan katak.  Kesulitan belajar menulis atau disebut juga disgrafia,dalam kasus disgrafia ini anak kesulitan dalam hal menulis,menyalin dan mencatat sehingga akan kesulitan dalam proses belajar mengajar. Kesulitan belajar matematika disebut juga diskalkulia,anak yang mengalami diskalkulia ini kesulitan memahami konsep berhitung,komputasi dan pemecahan masalah matematika.
Pada umumnya,matematika adalah pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyakan siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor,diantaranya internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu atau siswa itu sendiri. Misalnya, disebabkan oleh tingkat intelegensi (IQ),siswa yang memiliki IQ rendah sukar untuk memahami konsep matematika. Kelahiran prematur dan konsumsi alkohol pada saat kehamilan juga merupakan faktor yang menyebabkan  kesulitan belajar matematika. Selain itu, penyebab kesulitan belajar matmatika adalah faktor psikologi, yang dikarenakan trauma atau ketakutan berlebihan atas matematika yang disebabkan pengalaman buruk terkait pembelajaran matematika. Faktor eksternal adalah faktor yang timbul dari luar diri individu atau siswa itu sendiri. Misalnya dikarenakan lingkungan keluarga yang tidak harmonis,broken home,keadaan ekonomi yang tidak stabil  atau pendidikan orang tua yang rendah yang menyebabkan anak sulit untuk bertanya. Selain itu, faktor kesulitan belajar matematika juga timbul dari sekolah sebagai lembaga pendidikan formal setelah keluarga, misalnya cara penyajian pelajaran kurang baik,hubungan guru dan murid kurang harmonis,hubungan antara murid dengan murid itu sendiri tidak baik,bahan pelajaran yang disajikan tidak dimengerti siswa, dan alat-alat pelajaran yang tersedia kurang memadai. Ada pula faktor lingkungan masyarakat. Faktor lingkungan masyarakat sangat berperan di dalam pembentukan kepribadian anak, termasuk pula kemampuan pengetahuannya. Dimana lingkungan masyarakat yang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik, seperti: suka minum-minuman keras, penjudi dan sebagainya, dapat menghambat pembentukam kepribadiaan dan kemampuan, termasuk pula dalam proses belajar mengajar,khususnya pada mata pelajaran matematika yang seharusnya anak lebih banyak mengerjakan soal matematika malah anak lebih banyak bermain karena kurangnya motivasi dari lingkungan.
Setiap masalah pasti ada solusinya,begitu pula halnya terhadap anak yang kesulitan belajar matematika. Berikut adalah cara pemecahan masalah kesulitan belajar matematika,diantaranya jadikan pembelajaran matematika menjadi hal yang menarik. Seperti mengajarkan matematika menggunakan permainan seperti number bingo, flash card, dan lain-lain. Berikan gambaran yang jelas terkait konsep. Misalnya dengan memberikan contoh konkret menggunakan grafik dan diagram. Bantu anak memvisualisasikan setiap tanda baca dengan cara memanipulasi tanda. Misalkan minus memilki tanda (-), memiliki arti hilang,sedangkan plus (+) artinya datang, sehingga jumlahnya menjadi banyak. Memanipulasi tanda akan sangat membantu anak diskalkulia dalam proses perhitungan sebab dengan cara ini mereka akan paham akan arti dari setiap tanda serta membuat mereka terhindar dari penggunaan istilah matematika yang rumit. Pembelajaran dilakukan secara teratur dan bertahap. Jangan terlalu memaksa serta memberikan target khusus pada anak diskalkulia. Berikan mereka kepercayaan untuk mengembangkan diri. Putarkan musik saat proses pembelajaran. Musik sangat membantu anak diskalkulia untuk merasa rileks selama pembelajaran. Musik juga membantu dalam hal menciptakan kondisi yang jauh dari tekanan. Yang paling penting adalah harus ada kerja sama terpadu antara guru dan orang tua untuk menentukan strategi belajar di kelas, memonitor perkembangan dan kesulitan anak, serta melakukan tindakan-tindakan yang perlu untuk memfasilitasi kemajuan anak. 

Berhitung merupakan bagian dari matematika yang merupakan sarana berpikir keilmuan. Oleh karena itu, kesulitan kesulitan belajar matematika hendaknya dideteksi dan ditangani sejak dini agar tidak menimbulkan kesulitan bagi anak dalam mempelajari berbagai mata pelajaran lain disekolah.Satu hal yang harus selalu kita ingat, anak dengan diskalkulia tidak dapat diartikan sebagai anak yang bodoh. Mereka memiliki kemampuan dan dapat berkembang, hanya saja prosesnya sedikit lebih spesial dibandingkan dengan anak normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar